Selasa, 28 Februari 2012

Red Velvet Cake with Chocolate & Butter Frosting



Pertama kali melihat cake ini di Oprah Show sekitar tahun 2008, saya langsung penasaran. Cake lembut merah tua berlapis krim putih. Hmmm… pasti bahan-bahannya sulit didapatkan di Jakarta. Saya urungkan niat untuk membuat cake ini.

Kemudian demam cup cake melanda. Berbagai macam chanel TV cabel menayangkan acara tentang cake-cake mungil nan cantik ini. Bertemu kembalilah saya dengan cake merah itu (tapi kali ini dengan tampilan cup cake bukan cake). Perut saya langsung berkata, “Ingin rasanya mencicipinya sambil minum the hangat. Harus bias bikin Wita!!”

Akhirnya paman google memberikan berbagai macam sumber resep tentang kue beludru merah. Pilihan saya langsung tertuju pada salah satu website yang menyajiakn berbagai macam kue: joybaking.com. Ternyata bahan-bahannya mudah didapat. Setelah melalui sertangkaian eksperimen dan improvisasi, ini dia resepnya:

Red Velvet Cake
Bahan-bahan:
2 ½    cup    tepung terigu
½       sdt     garam
2        sdm   cocoa powder
½       cup    mentega tawar
1 ½    cup    gula
2                 telur
1        sdt     vanilla extract
1        cup    butter milk (240 ml susu + 1 ½ sdm lemon, diamkan 5 menit)
2        sdm   red food coloring
1 ½    sdt     cuka
1        sdt     baking soda

Langkah:
  • Panaskan oven bersuhu 175 ‘C. Siapkan 2 loyang persegi yang sudah dilapisi kertas roti dan dilapisi mentega tawar. 
  • Campur jadi satu terigu, garam dan cocoa powder. Aduk hingga merata. Sisihkan. 
  • Kocok mentega dengan mixer hingga lembut. Masukan gula, telur dan vanilla extract. Kocok hingga sedikit mengembang. Masukan sedikit demi sedikit campuran terigu, jangan lupa kecilkan speed mixer. Lalu masukan butter milk dan red food coloring. 
  • Di tempat terpisah, campurkan dengan cepat cuka dan baking soda (campuran akan berbusa). Langsung masukan ke dalam adonan. Setelah tercampur rata, masukan adonan ke dalam 2 loyang sama rata (harus dilakukan dengan cepat agar reaksi baking soda dan cuka tidak hilang). Langsung masukan ke dalam oven selama sekitar 25-30 menit.
  •  Angkat dan diamkan hingga dingin. Potong tiap kue menjadi dua bagian, sehingga mendapatkan 4 potongan kue yang sama. Siap untuk diberi lapisan frosting.

White Chocolate & Butter Frosting
Bahan:
5        ons    white chocolate—lelehkan
1        cup    mentega tawar
2 2/3 cup    gula tepung—ayak, lelehkan bersama white chocolate
½       sdt     garam
½       cup    butter milk

Langkah:
Kocok mentega dengan mixer hingga lembut. Masukan campuran white chocolate dan gula serta garam. masukan butter milk sedikit-sedikit. Kocok hingga tenkstur berubah menjadi mengembang dan lembut. Apabila terlalu kental, tambahkan butter milk hingga tekstur yang diinginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar